Pages

Minggu, 22 Oktober 2017

Perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi


   Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, Yuk mari kita simak:

   Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi merupakan dua faktor yang bisa memajukan ekonomi suatu bangsa, walaupun tujuannya sama tetapi ada perbedaan yang dapat dilihat dari hasil yang akan ditimbulkan. Keberhasilan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, yang berarti pembangunan ekonomi tidak hanya memfokuskan pertambahan produksi saja tetapi juga terhadap perubahan-perubahan ekonominya, sedangkan keberhasilan pertumbuhan ekonomi lebih bersifat kuantitatif, yang berarti pertumbuhan ekonomi ditandai oleh adanya kenaikan standar pendapatan dan output produksi yang dihasilkan.

Ada 4 perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi:

1.Berdasarkan Produksi
Berdasarkan hal produksi, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi mempunyai perbedaan dalam hal produksi, yang dimana pembangunan ekonomi mengalami peningkatan kualitas hasil produksinya, sedangkan pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan jumlah hasil produksi (barang dan jasa).

2.Berdasarkan Struktur Ekonomi
Berdasarkan struktur ekonominya, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi mempunyai perbedaan dalam perubahan struktur ekonomi,yang dimana pembangunan ekonomi mengalami terjadinya perubahan struktur ekonomi, sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak harus terjadi perubahan struktur ekonomi.

3.Berdasarkan GNP
Berdasarkan GNPnya, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi mempunyai perbedaan dalam hal kenaikan GNP, yang dimana pembangunan ekonomi mempunyai proses menuju kenaikan GNP, sedangkan pertumbuhan ekonomi adanya kenaikan GNP itu sendiri.

4.Berdasarkan Pendapatan
Berdasarkan pendapatannya, pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi mempunyai perbedaan dalam hal pendapatan, yang dimana pembangunan ekonomi memiliki adanya pemerataan pendapatan, sedangkan pertumbuhan ekonomi memiliki adanya kenaikan pendapatan perkapita/ pertahun.

 Demikian penjelasan tentang perbedaan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar