Pages

Sabtu, 03 September 2016

Ragam Hias

Ragam Hias

 Hallo semua apa kabar?, Semoga kalian dalam kondisi yang sehat dan jika ada yang masih dalam keadaan kurang sehat saya doakan agar cepat sembuh aminnn.
 Ok pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Ragam Hias, Hmmm sangat menarik bukan? Yuk mari kita simak CEKIDOOOTTT...

  Ragam hias atau sering disebut ornamen untuk hiasan dapat berupa motif hewan, tumbuhan, manusia dan geometris yang digunakan untuk meperindah suatu bidang baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Motif ragam hias dua dimensi dapat berupa kerajinan anyaman atau ukiran dari sisi bangunan tradisional. Dan pada ragam hias yang bersifat tiga dimensi bisa dijumpai pada barang rumah tangga dan hand made.


  Jenis ragam hias setiap daerah pastinya berbeda-beda dan memiliki ciri khas dalam pembuatannya. dan berikut ini jenis jenis ragam hias.
1.Ragam hias hewan(Fauna)
2.Ragam hias tumbuhan(Flora)
3.Ragam hias manusia(Figuratif)
4.Ragam hias geometri

  Dan selanjutntya saya akan menjelaskan pola ragam hias, Pola ragam hias adalah hasil susunan  dari aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu.
- Pola simetris.
- Pola asimetris.
- Pola ragam hias tepi.
- Pola ragam hias menyudut.
- Pola ragam hias menyusut.
Demikian penjelasan tentang ragam hias, Semoga bermanfaat.


   Bentuk ragam hias ini biasanya mengalami perubahan bentuk. Motif ragam hias nya pun bisa diambil dari jenis hewan yang ada di daerah tersebut sebagai ciri khasnya.


  Bentuk ragam hias ini dapat dijumpai dihampir semua daerah di Indonesia.Jenis motif ragam hias flora ini merupakan pengembangan dari bentuk aslinya yang biasanya diwujudkan dalam bentuk sulur-suluran.


  Bentuk ragam hias figuratif pada umumnya karakter dan bentuknya disesuaikan dengan tema yang ada untuk mendapatkan keselamatan, kekuatan, dan keberkahan.


  Bentuk ragam hias geometri adalah bentuk pengembangan dari bentuk dasar geometri seperti lingkaran, belah ketupat, dan lain-lain. Cara membuat bentuk geometris dengan cara menggabungkan bentuk bentuk geometris dalam satu motif hias.


 Jenis-jenis pola ragam hias:

  Pola yang terbentuk dari susunan motif-motif ragam hias yang mempunyai keseimbangan dan bentuk yang sama dalam suatu susunannya.

  Pola yang terbentuk dari komposisi yang tidak berimbang, namun masih terlihat proposi, komposisi, dan kesatuan yang harmoni.

   Pola yang bentuknya berupa pengulangan dari bentuk sebelumnya dan digunakan untuk bagian tepi pada bahan tertentu.

  Pola yang menyudut membentuk segitiga dan umumnya memiliki bentuk ragam hias yang disesuaikan dengan bentuk ragam hias yang sudah ada.

  Pola yang memusat bentuk coraknya bersiri sendiri. Pola ragam hias ini gabungan dari beberapa ragam hias dan membentuk ragam hias baru.Demikian penjelasan tentang

1 komentar: