Pages

Senin, 26 September 2016

Masalah-masalah Dasar Dalam Organisasi Ekonomi

Ada beberapa contoh masalah ekonomi, seperti kebutuhan, keinginan, dan pilihan. Selain ke-3 masalah tersebut masih ada yang lainnya. Dan pada kali ini saya akan menjelaskannya melalui aliran modern.
Menurut buku mikroekonomi (Samuelson,1993:22) menjelaskan bahwa dalam suatu organisasi ekonomi menghadapi 3 masalah ekonomi yang mendasar dan saling terkait, yaitu Apa (WHAT), Bagaimana (HOW), Untuk siapa (For Whom).
1). Apa dan berapa jumlah barang yang diproduksi I (WHAT)
Saat menentukan apa dan berapa jumlah barang yang diproduksi, produsen harus menganalisis skala prioritas pemenuhan kebutuhan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi timbulnya kerugian karna barang tak laku.
2). Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (HOW)
Masalah ini berhubungan erat dengan metode dan teknologi. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk maka semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi. Salah satu cara yang dipakai oleh produsen untuk mengatasi masalah ini yaitu menggunakan metode dan teknologi yang modern, sehingga dapat menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah besar dan waktu yang singkat.
3). Untuk siapa barang tersebut diproduksi (For Whom)
Sebelum memproduksi barang, produsen harus memerhatikan untuk siapa barang tersebut diproduksi. Jangan sampai terjadi ketidak sesuaian antara barang dengan kondisi konsumen.
Demikian penjelasan tentang masalah-masalah dasar dalam organisasi ekonomi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar